Cara Kerja Motor Bensin 4 Tak





Prinsip kerja motor secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut: Campuran udara dan bensin dari karbulator dihisap masuk ke dalam silinder, dimampatkan oleh gerak naik torak, dibakar oleh percikan bunga api dari busi untuk memperoleh tenaga panas, yang mana dengan terbakarnya gas-gas akan mempertinggi suhu dan tekanan di dalam ruang silinder, sehingga torak bergerak turun naik di dalam silinder akibat tekanan tinggi pembakaran.

Gerak naik turun piston kemudian diubah batang torak menjadi gerak putar poros engkol/cranshaft.

Melalui mekanisme katup/klep yang terhubung ke poros engkol pengaturan buka tutup klep/katup dilakukan secara periodik










1)Langkah hisap

Katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Piston bergerak ke bawah dan menghisap campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam ruang bakar.

2)Langkah kompresi

Katup hisap dan katup buang keduanya tertutup. Piston bergerak ke atas dan menekan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.
busi menyala membakar campuran bensin dan udara

3)Langkah usaha

Kedua katup masih tertutup. Campuran bahan bakar dan udara yang bertekanan tinggi dinyalakan oleh busi. Piston  bergerak cepat ke bawah akibat dorongan hasil pembakaran

4)Langkah buang

Katup hisap tertutup dan katup buang terbuka. Piston bergerak ke atas dan mendorong gas sisa pembakaran keluar ruang bakar

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Kerja Motor Bensin 4 Tak"

Posting Komentar